Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Jumat, 28 Oktober 2011

Mengakses situs untuk memperoleh informasi

Informasi Peralatan yang Diperlukan untuk Mengakses Internet
Internet pada dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai tulang punggung teknologi informasi dan komunikasi. internet mampu menghubungkan satu komputer di suatu negara dengan komputer lainnya yang berada di negara lain.Internet ini merupakan jaringan komputer yang sangat besar di seluruh dunia, yang menjanjikan kemudahan-kemudahan pada pemakainya tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.Untuk tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disebut ISP (Internet Service Provider). Media yang umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP, Point to Point Protocol). Pengguna memanfaatkan komputer yang dilengkapi dengan modem (modulator and demodulator) untuk melakukan dialup ke server milik ISP. Begitu tersambung ke server ISP, komputer si pengguna sudah siap digunakan untuk mengakses jaringan internet. Pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi. Saluran telepon via modem bukan satu-satunya cara untuk tersambung ke layanan internet. Sambungan juga dapat dilakukan melalui saluran dedicated line seperti ISDN (Integrated System Digital Network) dan ADSL (Asymetric Digital Subscriber
Line), maupun via satelit melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal).Sayangnya, alternatif-alternatif ini terhitung cukup mahal untuk ukuran pelanggan perorangan.
Dewasa ini, saluran-saluran alternatif untuk akses internet yang lebih terjangkau masih terus dikembangkan. Diantara alternatif yang tersedia adalah melalui gelombang radio (radio modem), maupun lewat saluran TV kabel yang saat ini sedang marak. Alternatif lain yang saat ini sedang dikaji adalah dengan menumpangkan aliran data pada saluran kabel listrik PLN. Di Indonesia, teknologi ini sedang diuji cobakan oleh PLN di Jakarta, sementara di negara-negara maju konon sudah dimasyarakatkan.
Sekarang internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireles (tanpa kabel) dengan memanfaatkan telepon seluler. Untuk ini digunakan protokol WAP (Wireless Aplication Protocol). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard) yang berbasis pada standar internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.
Selain WAP, juga dikembangkan GPRS (General Packet Radio Service) sebagai salah satu standar komunikasi wireless. Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.
Seperti telah dijelaskan di atas pada dasarnya internet adalah merupakan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia maka untuk memahami tentang internet secara dalam kita perlu memahami tentang jaringan.
Pada masa awal perkembangan jaringan komputer antara komputer yang satu dihubungkan dengan komputer lain dengan menggunakan media kabel, namun pada perkembangan dewasa ini dalam jaringan komputer telah menggunakan media tanpa kabel yang dikenal dengan istilah jaringan nirkabel.
Jaringan komputer merupakan kumpulan komputer-komputer tersebut misalnya printer, CDRW, data, komunikaasi antar komputer maupun saling bertukar file dari satu komputer ke komputer yang lain.
Penggunaan jaringan komputer pada sekarang ini sudah bervariasi dalam masalah penanganan proses secara bersama antara komputer yang terkoneksi secara bersama, mulai dari penggunaan sumber daya yang ada pada komputer tsb. maupun untuk komunikasi antara komputer baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk audio visual seperti misalnya untuk chating maupun untuk bermain game secara online.
Internet marupakan suatu sistim jaringan yang menghubungkan dari seluruh komputer yang ada di dunia ini untuk itu maka bila kita membicarakan perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet, maka sama halnya kita membicarakan tentang perangkat yang digunakan untuk suatu jaringan.

0 komentar:

Poskan Komentar